Jumat, 23 Desember 2011

UNIK

Unik

Tanaman
Kenal Saudara Kandungnya


            Ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ilmuan di kanada. Ternyata tanaman yang mereka teliti memiliki hubungan sosial yang kompleks dan dapat mengenali kakak dan adik mereka. Saaat ditanam disebuah pot, tanaman dari  “induk” yang bersaudara saling mengenal satu dengan lainnya dan mengurangi persaingan air dan mineral dengan membatasi jumlah akar yang tumbuh. Namun apabila berbagi dalam satu pot dengan tanaman lain yang tidak seinduk, mereka lebih kompetitif dan menumbuhkan lebih banyak akar untuk menyerap nutrisi lebih cepat. Para ilmuwan belum bisa memahami dengan pasti bagaimana sebenarnya tanaman dapat saling mengenal satu dengan l;ainnya. Mereka baru bisa membuktikan kemampuan tanaman dalam membedakan sesamanya dan menunjukan pilihan yang lebih disukainya. “kemampuan mengenal dan merasa pada heewan adalah hal biasa, namun ini adalah pertama kalinya ditemukan dalam tanaman.
           

Kucing Tidur
= Menyimpan Energi

Pernah lihat kucing? Tentu saja pernah, kucing sangat akrab dengan  kehidupan kita. Kucing termasuk hewan yang suka bersih-bersih. Mereka sering merawat diri dengan cara menjilati rambut mereka. Saliva alias air liur mereka adalah cairan pembersih yang kuat. Tapi tak jarang kucing dapat  memicu alergi pada manusia. Kadangkala kucing memuntahkan semacam hairbal atau gulungan rambut yang terkumpul di dalam perutnya. Uniknya kucing bisa menyimpan energi dengan cara tidur lebih sering ketimbang hewan lain. Lama tidur kucing berfariasi antara 12-16 jam per hari, dengan angka rata-rata 13-14 jam. Tapi tidak jarang dijumpai kucing yang tidur selama 20 jam dalam  satu hari. Lama sekali bukan?

                                                               Kaktus 
Hidup dengan Sedikit Air
                       
Dalam kondisi yang sangat minim air, tanaman kaktus mampu bertahan di tengah padang tandus. Kata “kaktus” berasal dari bahasa Yunani “kaktos” yang berarti tanaman berduri. Sebenarnya, kaktus memiliki daun. Namun, daun tersebut berubah menjadi bentuk duri sehingga dapat mengurangi penguapan aiar lewat daun.perlu diketahuai, semakin banyak jumlah air yang menguap hilang setiap saat. Kemudian, batang kaktus juga dilapisi jaringan lilin yang dapat mengurangi penguapan. Jaringan ini mampu menyimpan air dan tahan terhadap kekeringan sekalipun.meski begitu, kaktus tetap membutuhkan air untuk bertahan hidup. Makanya, di gurun-gurun, kaktus memiliki akar  yang sangat panjang bermeter-meter kedalam pusat bumi untuk mencari sumber air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar